Home / Berita / Kominfo Sosialisasi Pemilukada Bagi Pemilih Pemula

Kominfo Sosialisasi Pemilukada Bagi Pemilih Pemula

Menyambut pemilihan kepala daerah 23 mei 2013 mendatang, Dinas Kominfo Kota Malang menggelar sosialisasi pemilu kepada para pemilih pemula. Sosialisasi yang diikuti anak-anak SMA /SMK se Kota Malang ini dilangsungkan di Hotel Trio 2, Selasa (26/3).

Sosialisasi Pemilukada di Hotel Trio 2

Sosialisasi Pemilukada di Hotel Trio 2

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pada pelaksanaan Pemilu 2013 mendatang bisa semakin ditekan angka golputnya (golongan tidak memilih). Pasalnya baik buruknya suatu negara dalam berdemokrasi, salah satu indikasinya bisa dilihat dari partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin melalui pemilu.

Pemateri dari  Bakesbangpol  Kota Malang Toni Nurmawan mengungkapkan Baik buruknya Negara, salah satunya tergantung kepada pelaksanaan pemilu. Jangan sampai  ada masyarakat yang golput. Sebuah kerugian besar jika masyarakat tidak menggunakan hak pilihnya, sebab calon yang jadi tentunya bukan yang diidam idamkan.

“Selain pemilihan Walikota, tiga agenda pemilihan di tahun ini yaitu pemilihan gubernur, pemilihan legeslatif DPR/MPR dan pemilihan presiden, semuanya mari kita sukseskan,” ujar Toni, Selasa (26/3).

 

Toni menambahkan, peran serta  untuk bisa memajukan bangsa adalah dengan memilih pemimpin yang baik. Karena itu manfaatkan sebaik mungkin hak pilih guna memilih pemimpin yang terbaik karena merupakan kewajiban bersama.

Sebagai negara demokrasi, melaksanakan pemilu adalah suatu kewajiban untuk memilih pemimpin yang diidam-idamkan. Dari pemilihan inilah nantinya para siswa sebagai pemilih pemula akan melaksanakan demokrasi yang sebenarnya.

‘Kalau selama ini disekolah sudah ada pemilihan OSIS, saat ini skala pemilihannya lebih besar lagi yaitu pememilihan Walikota dan wakilnya,” tegas Toni.

Kabid Informasi Publik Kominfo Kota Malang, Ir. Enny Handayani, M.Si mengungkapkan, sesuai dengan salah satu tugas Kominfo Kota Malang adalah untuk memberikan informasi ke publik. Salah satunya adalah penerangan informasi publik terkait pemilukada kepada para pemilih pemula.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap pemilih pemula tidak bingung lagi menentukan pilihan terbaiknya. Kegiatan ini melibatkan 100 siswa dari berbagai sekolah SMA/SMK yang ada di Kota Malang,’ ujar Enny.

Enny menyebutkan agar sosialisasi kepada para pemilih pemula bisa berjalan dengan baik maka Kominfo mendatangkan para narasumber yang berkompeten. Yaitu dari Bakesbangpol Kota Malang dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Ode/Cah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*