Home / Info Bidang / PKPP / Kembangkan KIM Kota Malang, Diskominfo Lakukan Sosialisasi

Kembangkan KIM Kota Malang, Diskominfo Lakukan Sosialisasi

Mengembangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Malang agar semakin baik sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat. Kali ini sosialisasi KIM yang ditujukan untuk kelurahan se-Kota Malang ini dilangsungkan di Hotel Trio Indah 2 Kota Malang, Rabu (23/04).

Ir. H. Bambang Nugroho, MT saat melakukan sosialisasi, Rabu (23/04)

Ir. H. Bambang Nugroho, MT saat melakukan sosialisasi, Rabu (23/04)

Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Kominfo Kota Malang Ir. H. Bambang Nugroho, MT mengungkapkan bahwa KIM di Kota Malang selama ini sudah menyabet berbagai prestasi. Dengan terus melakukan pembinaan yang berkesinambungan seperti saat ini diharapkan ke depan KIM di Kota Malang bisa semakin menunjukan eksistensinya.

“‘Melalui KIM diharapkan masyararakat Kota Malang bisa semakin mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dengan mengandalkan media internet,” jelas Bambang, Rabu (23/04).

Demi bisa mewujudkan cita-cita itu, sumberdaya manusia (SDM) yang mengelola KIM harus benar-benar handal. Karena itu melalui kegiatan sosialisasi seperti saat ini diharapkan pengelola KIM di Kota Malang bisa semakin mumpuni.

KIM diharapkan biassemakin menjadi mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat. Dalam hal ini KIM berfungsi sebagai mediator komunikasi dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan demikian pula sebaliknya. Selain itu KIM juga berfungsi sebagai penerima dan penyebar informasi yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Jumlah KIM di Kota Malang saat ini sudah mencapai angka sepuluh yang tersebar di lima kecamatan di Kota Malang. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik maka akan sangat bagus untuk memajukan Kota Malang melalui media informasi,” tegas Bambang.

Dengan sudah tersebarnya KIM ke beberapa kecamatan yang ada di Kota Malang, KIM sangat berpotensi untuk memotret dengan lebih dalam berbagai potensi yang ada dimasyarakat. Dari potret yang ada itu kemudian dikembangkan dan diangkat sehingga bisa semakin mengembangkan masyarakat Kota Malang di berbagai bidang, baik itu di bidang sejarah, pemerintahan, sosial budaya, religius, produk unggulan, perekonomian, dan lain-lain.

Bambang menyebutkan sejak didirikan tahun 2009 lalu, KIM Kota Malang sudah menyabet berbagai prestasi, mulai dari KIM Lestari yang meraih juara II Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Jatim 2009, Kim Andong meraih juara II LCCK 2010. Kim Purwo Agung juara II LCCK Jatim tahun 2011,Kim Bijak juara I LCCK Jatim, dan juga KIM Purwo Agung yang meraih juara III Lomba Blog Tingkat Provinsi Jatim 2013. (cah/yof)

Mengembangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Malang agar semakin baik sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat. Kali ini sosialisasi KIM yang ditujukan untuk kelurahan se-Kota Malang ini dilangsungkan di Hotel Trio Indah 2 Kota Malang, Rabu (23/04). Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Kominfo Kota Malang Ir. H. Bambang Nugroho, MT mengungkapkan bahwa KIM di Kota Malang selama ini sudah menyabet berbagai prestasi. Dengan terus melakukan pembinaan yang berkesinambungan seperti…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.