Home / Berita / Tahun 2013 Wajib terapkan e-Audit

Tahun 2013 Wajib terapkan e-Audit

Memastikan segenap SKPD hingga pejabat di kelurahan benar-benar mumpuni dalam melakukan pelaporan dengan aplikasi e audit, sosialisasi terus dilakukan. Termasuk dengan mendatangkan pemateri dari bagian keuangan Pemkot Malang di Hotel Griyadi Montana, Selasa (27/11).

Dalam sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi SIPKD-SKPD menuju elektronik audit pada SKPD di lingkungan Pemkot Malang ini Yuyun Nanik Ekowati SSTP, M.Si yang memberikan materi terkait keuangan. Secara gamblang Kasubag Akuntansi dan verifikasi Bagian Keuangan Pemkot Malang ini memaparkan bagaimana cara kerja terbaik agar bisa sukses menggunakan e-audit.

Peserta Sosialisasi e-Audit

Yuyun mengungkapkan program ini dilakukan untuk memberikan laporan saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit. Dengan adanya program ini diharapkan saat melaporkan keuangan secara online semua SKPD tidak sampai ada yang keliru.

“Dengan sudah semakin mengerti dalam pengoperasian secara online, kami berharap bisa meminimalisir kesalahan,” ujar Yuyun, Selasa (27/11).

Yuyun menambahkan, berbeda dengan sistem manual yang bisa diperbaiki dengan mudah, untuk data online jelas sangat susah. Sekali saja melakukan kesalahan bisa berakibat fatal, karena itu pembelajaran saat ini sangat penting.

“Secara prinsip untuk laporan keuangan secara manual, teman-teman di SKPD sudah bisa. Kini tinggal membiasakan saja melaporkan secara online,” ujar Yuyun.

Dengan kenyataan ini, Yuyun optimis di tahun 2013 seluruh SKPD yang ada di Kota Malang sudah bisa melakukan pelaporan secara online. Karena itu selain pelatihan hari ini, ke depan akan terus diadakan pendampingan hingga semuanya menjadi mumpuni.

“Hari ini bisa diistilahkan launcing e-audit, agar teman-teman di SKPD benar-benar mumpuni aplikasi ini ke depan akan ada konsultan yang mendampingi,” tegas Yuyun. (ode/cah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*