AptikaBeritaSerba-serbiWarta Kominfo

Kominfo Gelar Evaluasi Program Malang Kota Cerdas 2024

Malang, Diskominfo – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berselaras dengan prinsip Kota Cerdas terus dikawal agar berkesinambungan. Hal tersebut tercermin dalam gelaran Rapat Koordinasi lintas stakeholders Malang Kota Cerdas di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Selasa (21/5/2024).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Dr. Dian Kuntari, S.STP, M.Si dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergi dalam implementasi kota cerdas.


“Tentunya smart city bukan hanya tentang aplikasi semata, melainkan juga program-program cerdas untuk menjawab tantangan perkotaan. Yang itu memerlukan kolaborasi kita bersama”, ujar Dian.

Menurutnya evaluasi yang digelar rutin adalah bagian penting dalam mengukur sejauh mana Implementasi Rencana Induk maupun Quick Wins Malang Kota Cerdas telah dijalankan. Sebagaimana diketahui, Kota Malang telah menetapkan Peraturan Walikota Malang Nomor 43 Tahun 2020 tentang Rencana Induk Malang Kota Cerdas 2020-2025.

Dalam dokumen tersebut telah tersusun apik sejumlah program untuk merealisasikan prinsip Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Termasuk di dalamnya seperti pengembangan layanan kependudukan, perizinan, pengaduan dan layanan publik berbasis elektronik lainnya.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pengembangan Malang Creative Center (MCC), Mal Pelayanan Publik (MPP), Revitalisasi Pasar, Penguatan Komitmen Produk Dalam Negeri, Literasi, Jaminan Kesehatan, Sistem Kedaruratan dan Kebencanaan, Pengelolaan Sampah, serta Air Bersih dan Sanitasi.

Lebih lanjut Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Pandu Zanuar, S.T memaparkan bahwa evaluasi menyentuh 6 (enam) dimensi kinerja Kota Cerdas. “Mulai dari Baseline, Output, Outcome, Dampak, Quick Wins sampai Program Kolaborasi seperti dukungan pembiayaan non APBD kita akan evaluasi. Sekupnya memang holistik dan sesuai arahan pimpinan akan kami jalankan secara kolaboratif”, terang Pandu.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang serta sejumlah unsur lainnya dalam Tim Malang Kota Cerdas tahun 2024. (ndu/yul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.