BeritaUtama

Portal Malang Satu Data dan Aplikasi Malpro Resmi Diluncurkan

Portal Malang Satu Data dan aplikasi Malpro resmi diluncurkan secara simbolis oleh Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dalam rangkaian acara gelaran KIM Award Kota Malang 2022 di Hotel Aria, Rabu (7/12/2022).

Dinas Kominfo memperkuat peningkatan keterbukaan informasi melalui Portal Malang Satu Data, serta mendorong pemulihkan ekonomi melalui pembangunan aplikasi Malang Pro UMKM (Malpro).
Tujuannya dari Portal Malang Satu Data adalah menyediakan data statistik sektoral Kota Malang yang dapat digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan dan sebagai informasi yang dapat disebarluaskan ke masyarakat melalui Portal Satu Data Malang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muhammad Nur Widianto, S.Sos menjelaskan Portal Satu Data Kota Malang dibangun dalam upaya mendukung keterbukaan informasi sesuaiamanah Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dengan adanya portal ini, baik perangkat daerah maupun masyarakat dapat dengan mudah dan praktis mendapatkan dan memanfaatkan data Kota Malang.

“Portal ini merupakan media bagi-pakai data di tingkat kota yang dapat diakses melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunoikasi. Dengan adanya portal ini, baik perangkat daerah maupun masyarakat dapat dengan mudah dan praktis mendapatkan dan memanfaatkan data Kota Malang,” unkapnya
Lounching Portal Malang Satu Data dan aplikasi Malpro juga memberikan apresiasi kepada perangkat daerah dan kelurahan yang berpartisipasi aktif selama proses pembangunan serta pengembangan Portal Malang Satu Data.

Wali Kota Sutiaji Dalam Sambutannya juga menekankan bahwa data sangat penting untuk menentukan sebuah kebijakan. Karena sebagai pondasi penentuan arah dan pelaksanaan pembanguanan.

“Saat ini kami ditagih oleh masyarakat untuk bekerja cepat, cerdas, dan transparan. Gagasan dan filosofi yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, bagaimana adanya dan transparasi kita kuatkan bersama-sama, Selain itu juga mendorong terjadinya dantransparansi data sehingga terciptanya perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis dataManakala penyusunan kegiatan berbasis data di lapangan maka akan tepat sasaranSaat ini inovasi sudah luar biasa namun dinamika yang dihadapi luar biasa, untuk itu ayo terus menerus melakukan evaluasi,” sambung Sutuaji.

Portal Malang Satu Data dapat terbangun melalui kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak selama 2 tahun (2021-2022) periode pembangunan. Dengan mempertimbangkan partisipasi dan keikutsertaan dalam rangkaian kegiatan pembangunan Portal Malang Satu Data serta keterisian data, maka Pemerintah Kota Malang melalui Diskominfo memberikan apresiasi kepada 3 Perangkat Daerah, yaitu Dinas Sosial P3AP2KB, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Dinas Perhubungan serta 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Ciptomulyo, Kelurahan Klojen, dan Kelurahan Gadang yang memberikan sumbangsih tertinggi terhadap ketersediaan data pada Portal Malang Satu Data periode 2021-2022.