BeritaWarta Kominfo

Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo

Kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo diterima oleh Sekretaris kominfo Kota Malang Bpk Moh. Sulthon,S.Sos,MM di ruang Ngalam Command Center (NCC). Kamis (06/05/2021)

Dalam kunjungan tersebut ada beberapa diskusi. Adapun materi diskusi dalam kegiatan tersebut tentang Layanan Sambat Online (SistemAplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu) merupakan sarana yang disediakan untuk mejembatani sekaligus memudahkan warga kota khusunya untuk melayangkan aspirasi, sarana, kritik, pengaduan maupun pertanyaan kepada perangkat Pemerintah Kota Malang. Platform yang digunakan menggunakan website, sms dan smartphone.

Layanan Panggilan Darurat Ngalam 112. Ngalam 112 merupakan layanan panggilan darurat yang didukung oleh perangkat daerah dan instansi terkait di lingkungan Pemkot malang dapat merespon masyarakat Kota Malang dalam meminta bantuan dalam situasi darurat saat terjadi keadaan darurat. Program ini merupakan inisiatif kemenkominfo untuk menyediakan panggilan darurat dengan fitur Bebas pulsa (layanan 112 dapat diakses dengan bebas pulsa untuk semua operator), respon cepat (layanan 112 merespon dengan cepat dalam meminta bantuan saat terjadi Keadaan darurat.) selain itu Layanan 24j am (layanan 112 dapat digunakan kapan saja dan dimana saja selama 24jam).

Infrastruktur IT di Kota Malang untuk mendukung smartcity di Kota Malang pada awal tahun 2020 sudah membangun layanan Free Wifi di semua RW di seluruh Kota Malang yakni berjumlah 551 Spot Free Wifi untuk menjangkau layanan public dengan akses 200Mbps Domestik dan 250Mbps Internasional. Jumlah FreeWifi di Ruang Publik (Taman, Kampung, Stadion) sejumlah 26 spot dan Hotspot kantor untuk layanan public berjumlah 42 spot

Integrasi Data dengan Perangkat Daerah. Beberapa Aplikasi yang telah terintegrasi antara =lain. Aplikasi SiBansos ( Sistem Aplikasi Bantuan Sosial ) Yang datanya diambil dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Aplikasi Suradi (Surat Digital) Aplikasi surat yang sudah terintegrasi sampai keKelurahan. Untuk menfasilitasi Walikota untuk dapat melihat perkembangan perangkat daerah telah dibuat dashboard Waliko tayang datanya telah terintegrasi kesemua Perangkat Daerah yang membidangi.