BeritaUtama

Forum Satu Data dan Dashboard Satu Data

Dalam kesempatan kunjungan kerja Diskominfo Kabupaten Bangkalan di terima oleh sekretaris Dinas Kominfo Kota malang, turut mendampingi Kepala Bidang Satitistik dan Persandian Kominfo Kota Malang. Dalam kunjungan tersebut Perwakilan Diskominfo Kabupaten Bangkalan mengutarakan keinginan untuk mengetahui Bagaimana strategi untuk mewujudkan sinergitas antar Perangkat Daerah melalui sinkronisasi aplikasi untuk data sektoral sehingga terbentuklah Satu Data Daerah, serta Apa saja permasalahan yang terjadi dalam mewujudkan Satu Data Daerah di Kota Malang. Kegiatan diselenggarakan di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Rabu ( 26 /01/ 2022).

Koordinasi serta kolaborasi antara Pembina Data (BPS), Penanggungjawab Data (Bappeda), Walidata (Diskominfo) juga Pendekatan ke Produsen Data (Perangkat Daerah dan Instansi lain) secara perlahan, dilanjutkan dengan memberikan pengertian mengenai pentingnya data statistik sektoral yang terpusat, dan melakukan pendampingan ke Produsen Data tentang peningkatan pemahaman / literasi tentang data (cara mengumpulkan, cara mengolah, cara menyajikan dll) bersama seluruh Statistisi (JFT) dan Perencana (JFT) yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah serta Statistisi dari BPS merupakan salah satu langkah yang dapat diambil untuk mewujudkan satu data daerah yang sinergis. Tidak hanya itu saja, melakukan kegiatan peningkatan kapasitas SDM Pengelola Data Statistik Sektoral serta Pembinaan Tata Kelola Statistik Sektoral secara rutin juga dapat membukakan jalan, Ungkap Johannes Agus Baju Widjaja, S.Sos, M.Si Kepala Bidang Sattistik dan Persandian Kominfo Kota Malang.

Dalam kesempatan kali ini Kepala Bidang Statistik juga menjelaskan tentang CCTV di diperbatasan kota yang digunakan sebagai penghitung jumlah kenderaan yang masuk dan keluar Kota Malang dengan menggunakan bantuan Artificia lIntelligence yang disematkan pada dashboard Malang satu data Sehingga jumlah kendaraan yang keluar masuk setiap 1 jam dapat dihitung secara otomatis.