BeritaSerba-serbiWarta Daerah

Fokus Kembangkan Digital, Kota Malang Terima Penghargaan Lentera IDEA 2021

Kota Malang meraih penghargaan Lentera IDEA 2021 kategori Pemerintah Daerah Inspirasi Perubahan Bidang Teknologi dan Komunikasi di Surabaya, Minggu (5/12/2021). IDEA 2021 merupakan singkatan dari Innovation & Digital Enthusiast Award yang bertajuk ‘Penghargaan Inovasi dan Pegiat Digitalisasi’ oleh Lentera Today.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos. Menurutnya, penghargaan ini menjadi semangat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk meningkatkan pelayanan publik melalui digital.

“Semoga dengan penghargaan ini, kami (Pemkot Malang) akan lebih bersemangat lagi melayani masyarakat. Utamanya, di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan Pemkot Malang untuk mencari cara terbaik memberikan pelayanan,” ujar Pak Wid, demikian Muhammad Nur Widianto disapa.

Pemkot Malang, kata dia, telah memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat melalui digital serta menyediakan 551 titik lokasi wifi gratis bagi warga Kota Malang. Selain itu, Pemkot Malang juga telah menyediakan wifi di semua taman kota yang ada di Kota Malang.

“Kemudahan itu di antaranya, digitalisasi pendaftaran vaksinasi Covid-19, kemudahan warga menyampaikan pertanyaan, kritik serta saran melalui SAMBAT Online dan media sosial Pemkot Malang. Selain itu, kami juga telah membuat berbagai aplikasi demi kemudahan masyarakat,” sambungnya.

Direktur Lentera Media Group Tarmuji Talmacsi mengungkapkan kebahagiaannya, karena sebagai wadah anak-anak muda Lentera Media mendapat dukungan untuk mewujudkan motonya, yaitu ‘Inspirasi Perubahan’. “Terima kasih atas kehadiran semua pihak. Ini menjadi salah satu pencapaian besar kami. Mendapat dukungan berbagai pihak untuk menjadi Inspirasi Perubahan,” ujar Tarmuji Talmacsi.

Dengan perkembangan saat ini, kata dia, peran teknologi digital sangat penting. Termasuk untuk keterbukaan informasi publik kepada rakyat hingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Drs. Benny Sampirwanto, M.Si mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung penuh berbagai inovasi terkait digitalisasi.

“IDEA 2021 ini menjadi bukti bila semua pihak, termasuk kami di pemerintah terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman agar masyarakat semakin mendapatkan kemudahan dalam pelayanan maupun inovasi,” katanya. (ram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.