BeritaUtama

Diskominfo Kota Malang Gandeng KIM Se-Kota Malang Tingkatkan Literasi Jurnalistik Media Sosial dan Keuangan

#NawakKominfo, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam meningkatkan literasi jurnalistik media sosial melalui workshop yang dilaksanakan di Aula Gajayana Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Malang. Kamis (13/10/2022)
Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S. Sos mengatakan bahwa kegiatan literasi jurnalistik media sosial ini penting untuk dilakukan demi menjawab tantangan akan mudahnya disinformasi bahkan hoax tersebar di masyarakat. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang terjadi, selain memudahkan hidup masyarakat juga rentan dengan permasalahan yang muncul seperti misalnya disinformasi yang cenderung mengarah pada penyebaran hoax, yang mampu menimbulkan masalah baru di kalangan masyarakat.

“Kegiatan kita pagi ini menjadi bagian dari ikhtiar kita bersama, agar kemajuan teknologi informasi komunikasi mampu kita tempatkan secara produktif dan konstruktif,” ujar pria yang akrab disapa Pak Wid tersebut.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan sahabat-sahabat KIM mampu membantu untuk membuat sebuah konten media sosial yang mampu menstimulasi tumbuh kembangnya komunitas dan juga mampu membangkitkan ekonomi di masing-masing kelurahan.
“Kami percaya jika sahabat KIM menjadi salah satu garda terdepan untuk mengangkat potensi-potensi di masing-masing wilayahnya,” tambahnya lagi.

Kegiatan workshop jurnalistik media sosial ini diisi oleh Kepala OJK Kota Malang, Sugiarto Kasmuri. Melalui kesempatan ini, ia turut mengajak sahabat-sahabat KIM untuk turut serta meningkatkan literasi keuangan. Menurut Sugiarto, dengan adanya tantangan global akan resesi yang mungkin terjadi, penting untuk masyarakat bisa mengerti akan literasi keuangan termasuk dengan risiko di dalamnya.

Dirinya juga mengharapkan terjadi kolaborasi antara OJK sebagai otoritas pengatur dan pengawas di sektor jasa keuangan dengan sahabat-sahabat KIM di bawah koordinasi Dinas Kominfo Kota Malang bisa berlanjut terus dengan berkala, sehingga bisa terjadi sharing informasi dengan sahabat-sahabat KIM sekalian.

“Kami mengajak terus sahabat-sahabat KIM untuk terus mengikuti informasi dari OJK mengenai informasi keuangan, dan issue terkini yang marak di masyarakat dan upaya preventif yang dilakukan OJK dalam melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan workshop ini, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, Sugeng Winarno, dan praktisi fotografer & videografer, Yusuf Munthaha, turut hadir dalam memberikan materi bagi 91 orang peserta yang hadir dari setiap kelurahan yang ada di Kota Malang