BeritaUtama

Diseminasi dan Persiapan Pembentukan Computer Security Incident Response Team Kota Malang (Makota-CSIRT)

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi Nomor 4 Tahun 2016 serta Peraturan Kepala Badan Siber dan Negara Nomor 10 Tahun 2009 disampaikan bahwa pembentukan Computer Security Incident Response Team (CRSIT) merupakan pengaman informasi di organisasi pada sektor pemerintah, maka Dinas Kominfo Kota Malang menggelar kegitan Diseminasi dan Persiapan Pembentukan Computer Security Incident Response Team Kota Malang (Makota-CSIRT) di Akasia Ballroom, Savana Hotel & Convention Malang. Selasa (22,03,2022).

Peserta diikuti oleh 120 orang terdiri dari perangkat daerah serta unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Malang, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek, serta Adi Kurniawan, S.Kom., M.Kom Sandiman Ahli Pertama dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, kegiatan resmi di buka oleh Bpk Walikota Malang Drs. H. Sutiaji secara daring. Keamanan informasi layaknya kunci sebagaimana CCTV bagi rumah besar “Samart City” yang kita bangun. Harus berkualitas agar seisi rumah aman. Tutur Drs. H. Sutiaji dalam sambutannya.

Tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan tahapan pelaksanaan kegiatan pembentukan CSIRT pada pemerintah kota Malang yang meliputi kesiapan dokumen asset, software, aplikasi, dan server. Kesiapan keamanan informasi sistem monitoring, draft SK, topologi, dokumen kebijakan, sop, format laporan penanganan insiden dan RFC 2350. Adapun tujuannya yaitu : pertama, pembentukan di ini sejalan dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, kedua, setiap perangkat daerah unit kerja dapat memahami fungsi CSIRT ini, sehingga CSIRT yang dibentuk Pemerintah Pota Malang akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan manajemen insiden keamanan siber dan tentu harapannya dengan terbentuknya CSIRT ini mampu meningkatkan indeks indeks keamanan informasi di kota Malang. Ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos dalam sambutannya.