Site icon Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang

Menuju Malang Satu Data, Ego Sektoral Harus Direduksi

Malang, Diskominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Mutu Statistik Daerah yang Terintegrasi di Golden Tulip Holland Resort Kota Batu, Senin (14/4/2024) hingga Selasa (15/5/2024).


Peningkatan Mutu Statistik Daerah yang Terintegrasi di Golden Tulip Holland Resort Kota Batu, Senin (14/4/2024)

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang ini bertujuan untuk mengatasi masalah klasik yang sering muncul dalam ketersediaan, akurasi, dan tata kelola data.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang J. A. Bayu Widjaja menegaskan bahwa hal inilah yang merupakan fondasi penting dalam menentukan arah dan pelaksanaan pembangunan. Melalui peningkatan kapasitas SDM ini diharapkan pemerintah daerah dapat lebih efektif dalam mengelola dan memanfaatkan data secara tepat guna untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Malang Satu Data harus dimulai dari merendahkan ego sektoral. Tidak ada yang sempurna, tidak ada yang hebat, karena kebersamaan, bergerak bersama lah yang akan saling menguatkan,” tuturnya saat membuka acara, Senin (14/5/2024).

Salah satu narasumber, Statistisi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang Asfa Agustina N. A, S.Si yang memaparkan materi tentang pengumpulan serta cara pengolahan data perencanaan dan prioritas mengatakan bahwa pengumpulan dan pengolahan data yang efektif merupakan fondasi bagi perencanaan yang efektif.

“Data prioritas merupakan komponen penting dalam pembuatan peraturan yang efektif. Dengan memahami definisi, landasan hukum, kriteria dan proses pengelolaannya, para pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk memastikan data prioritas dimanfaatkan secara optimal dalam pengambilan keputusan,” jelasnya.

Selain pemaparan dari pemateri, para peserta pada kegiatan ini juga melakukan praktik langsung dan mendapatkan pendampingan entry data dan publikasi data pada portal Malang Satu Data. Para peserta dibimbing secara langsung oleh tim statistisi dari Diskominfo serta Bappeda Kota Malang. Selain itu, peserta juga mengikuti praktek dan pendampingan dalam pengajuan rekomendasi dan metadata statistik pada portal resmi Badan Pusat Statistik (BPS) melalui https://romantik.bps.go.id dan https://indah.bps.go.id.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Tim Statistisi BPS Kota Malang, Bappeda Kota Malang, dan perangkat daerah terkait lainnya yang menjadi langkah konkret memperkuat kapasitas dan keterampilan dalam mengelola data serta menjaga kualitas statistik yang dipublikasikan.

Exit mobile version