BeritaInfo BidangStatistikWarta Kominfo

DESK PEMERIKSAAN/VALIDASI DATA STATISTIK SEKTORAL TAHUN 2021

Menindaklanjuti surat nomor 555/016/53.73.411/2022 tanggal 5 Januari 2022 Perihal Data Statistik Sektoral 2021 serta dalam rangka memenuhi dasar penyusunan perencanaan daerah dan dokumen perangkat daerah berbasis elektronik pada dashboard Malang Satu Data, maka diadakan kegiatan Desk Pemeriksaan / Validasi Data Statistik Sektoral Tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar di Hotel SAVANA Malang. Senin (17.01.2022).

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang.
Dihadiri oleh para produsen data serta walidata, baik dari perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang maupun instansi/Lembaga lain di wilayah Kota Malang, kegiatan ini adalah sebagai pelaksanaan Pasal 34 Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Pasal 13 Permendagri No. 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

Salah satu tujuan digelarnya Desk Pemeriksaan/Validasi Data Sektoral ini untuk mendukung program Satu Data Kota Malang, guna menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Mengingat pentingnya peranan data, yang nantinya akan menjadi basis informasi, dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan dan pelaksana kegiatan pembangunan, untuk itu ketersediaan data statistik sektoral sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan, maupun evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.