Home / Info Bidang / Aptika / Wujudkan Pelayanan Prima, Tiap SKPD Harus Terkoneksi

Wujudkan Pelayanan Prima, Tiap SKPD Harus Terkoneksi

Data-data pemerintahan seperti halnya APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) harus transparan (terbuka) dan dipublikasikan kepada seluruh masyarakat sehingga di era keterbukaan informasi sekarang ini data-data tersebut seharusnya bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Dra. Tri Widyani P., M.Si menyampaikan pentingnya pelayanan yang serba online, Selasa (09/12)

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Dra. Tri Widyani P., M. Si menyampaikan pentingnya pelayanan yang serba online, Selasa (09/12)

Pelayanan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) juga harus cepat dengan adanya teknologi terkini atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Tata kelola TIK juga sangat penting sehingga seorang pemimpin dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dari sebuah gadget.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Dra. Tri Widyani P., M.Si dalam acara Sosialisasi Peraturan Wali Kota tentang Pedoman Umum dan Standarisasi Tata Kelola TIK di Hotel Savana, Selasa (09/12).

“Dari segi teknologi, Kota Malang sudah siap untuk menggunakan teknologi terkini, dan kesemuanya itu tergantung dari SDM (Sumber Daya Manusia) serta dukungan anggaran. Ke depan, kami optimis Kota Malang akan menerapkan teknologi modern dalam melayani masyarakat,” imbuh perempuan berjilbab itu.

Ditambahkan Tri, negara Korea yang notabene adalah negara yang kurang maksimal dalam penggunaan teknologi ternyata adalah negara terbaik dari sisi e-Government. Kuncinya adalah komitmen dari seorang presidennya sejak dahulu, dan semua data terintegrasi dengan baik. “Sehingga pelayanan publik tidak face to face (baca: bertatap muka, red) lagi, serta tidak banyak operator tenaga manusia,” paparnya.

Untuk mewujudkan pelayanan prima, kata dia, semua instansi harus terkoneksi dengan baik. Dan tujuan dari semua itu bisa untuk promosi, pelayanan publik, bekerja dengan baik, dan sebagainya. “Strategi implementasi e-Goverment meliputi tujuan, strategi, inisiatif, aktivitas, kapabilitas, layanan IT dan teknologi,” urai Tri.

Dengan adanya acara sosialisasi ini, kata dia, kami berharap semua SKPD sudah bisa menerapkan teknologi yang serba online serta bisa berkoordinasi dengan Dinas Kominfo apabila ada sesuatu hal yang harus dibantu. “Jika semua sudah online, maka akan memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat,” ungkap perempuan berkacamata itu. (say/yon)

Data-data pemerintahan seperti halnya APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) harus transparan (terbuka) dan dipublikasikan kepada seluruh masyarakat sehingga di era keterbukaan informasi sekarang ini data-data tersebut seharusnya bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Pelayanan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) juga harus cepat dengan adanya teknologi terkini atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Tata kelola TIK juga sangat penting sehingga seorang pemimpin dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dari sebuah gadget. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.