Home / Berita / Warta Kominfo / Sentuhan Kreativitas Mahasiswa Magang IT Universitas Brawijaya

Sentuhan Kreativitas Mahasiswa Magang IT Universitas Brawijaya

Setiap tahun Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang selalu menerima peserta magang dari berbagai institusi pendidikan, baik dari perguruan tinggi maupun sekolah menengah kejuruan, baik lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Setiap mahasiswa atau siswa yang melakukan magang ditempatkan di bidang yang berbeda sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni. Tujuan dari penerimaan magang ini adalah agar mereka dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di bangku sekolah atau perkuliahan.

Kabid SKDI memberikan pengarahan kepada peserta magang dari UB

Kabid SKDI memberikan pengarahan kepada peserta magang dari UB

Pada awal puasa ini, tepatnya mulai tanggal 30 Juni 2014 Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Diskominfo menerima tiga mahasiswa magang dari Jurusan Informatika Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Fikhi Nugroho, Andhika Rizqi Eka Putra, dan Rinda Wahyuni. Kegiatan magang mahasiswa tersebut dalam rangka memenuhi kurikulum yang disusun oleh program studi terkait.

Logo KIM

Logo KIM hasil karya Fikhi Nugroho

Penerimaan mahasiswa magang langsung dipimpin oleh Ir. H. Bambang Nugroho, MT, Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Diskominfo Kota Malang. Dalam penerimaan, Bambang menjelaskan apa saja yang akan dikerjakan selama melakukan kegiatan magang di Diskominfo Kota Malang. Selain itu juga diperkenalkan seluruh staf SKDI yang akan membantu mereka selama magang berlangsung.

Pada hari pertama ketiga mahasiswa magang menerima tugas membuat logo untuk KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kota Malang. Logo KIM Kota Malang harus mempunyai bentuk yang sesuai dengan karakteristik Kota Malang dan lembaga KIM  itu sendiri. Selain itu logo juga harus mempunyai arti yang sesuai.

Selain kegiatan yang berhubungan dengan disiplin ilmu informatika, Ir. Bambang Nugroho, MT juga mengajak ketiga mahasiswa magang untuk langsung terjun ke masyarakat. Mereka diperkenalkan dengan kegiatan KIM dari berbagai kelurahan di Kota Malang. Tugas mereka adalah membuat banner, dan blog bagi kelurahan yang belum memiliki blog. Untuk membangun dan mendesain blog yang akan dibuat dengan karakteristik masing-masing kelurahan diadakan rapat yang juga menyertakan ketiga mahasiswa magang tersebut.  Agenda selanjutnya adalah membuat Forum KIM berbasis web untuk mengkoordinasi semua KIM di seluruh Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.