Home / Info Bidang / Unit Pelaksana Teknis / Resmi Miliki NCC, Kota Malang Siap Menuju Smart City

Resmi Miliki NCC, Kota Malang Siap Menuju Smart City

Klojen, MC – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang launching Ngalam Command Center (NCC) di Balai Kota Malang, Rabu (20/12). Hal ini menunjukkan bahwa Kota Malang bisa mengikuti perkembangan di era digital saat ini.

RESMI: Wali Kota Malang, H. Moch Anton (kemeja putih kombinasi hijau) didampingi Sekda Drs. Wasto, SH., MH (kiri), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zulkifli Amrizal, S.Sos., M.Si (kanan) dan Forkopimda saat menekan sirene peresmian Ngalam Command Center (NCC) di Balai Kota Malang, Rabu (20/12).

NCC adalah pusat kendali informasi yang dimiliki Kota Malang untuk memantau segala aktivitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Sebagai kota cerdas, canggih, dan modern maka segala aktivitas pelayanan umum bisa dipantau oleh ruang kendali informasi ini, mulai dari pelayanan ambulans 119, pemantauan aktivitas lalu lintas dan lain-lain.

Wali Kota Malang H. Moch Anton mengatakan, dengan diresmikan Ngalam Command Center ini, maka semakin melengkapi brand Kota Malang sebagai Smart City Nusantara. Dari NCC dapat diketahui secara real-time berbagai kegiatan, acara, kebijakan yang ada dari segenap OPD di Kota Malang.

Abah Anton sapaan akrabnya mengungkapkan, keberadaan NCC adalah untuk menunjang Kota Malang sebagai kota cerdas atau smart city. NCC menjadi rumah bagi data, informasi dan aplikasi milik Pemerintah Kota Malang yang datanya terus diperbaharui secara berkala.

“Kami berharap NCC bisa semakin menunjang Kota Malang menuju smart city. Saya berharap semua aplikasi bisa masuk ke NCC, sehingga semua aplikasi layanan pemerintah bisa terintegrasi,” tegas Abah Anton.

Pantauan CCTV di Kota Malang juga terintegrasi ke NCC, di mana saat ini masih belum banyak CCTV terpasang di sudut-sudut Kota Malang. Rencananya, ke depan CCTV akan lebih banyak lagi dipasang hingga 101 unit di sejumlah titik di Kota Malang. Hal ini untuk membantu berbagai aktivitas lalu lintas, keamanan dan aktivitas penting lainnya.

NCC bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin menuntut pelayanan cepat dari pemerintahan. Melalui NCC Pemerintah Kota Malang, Abah Anton berharap, bisa lebih bagus lagi dalam memberikan pelayanan.

“NCC bukan hanya menerima aduan saja dari masyarakat terkait berbagai permasalahan yang dihadapi. Lebih dari itu adalah bagaimana Pemeritah Kota Malang bisa semakin cepat memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat,” beber Abah Anton.

Ke depan NCC juga akan dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan dan bisa diakses langsung oleh masyarakat melalui gadget. Akan ada 150 aplikasi masing-masing OPD yang terintegrasi di NCC.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Zulkifli Amrizal, S.Sos., M.Si mengungkapkan, pemanfaatan IT saat ini sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk di bidang pemerintahan. Launching-nya NCC di Kota Malang ini untuk memanfaatkan IT bagi pendukung upaya pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Keberadaan NCC ini kami harapkan mampu mendekatkan masyarakat dengan pemerintah di berbagai aspek sebagai bukti kota cerdas  atau smart city,” kata Zulkifli Amrizal.

“Mampu memanfaatkan IT ke berbagai aspek smart city sebagai bagian solusi untuk memecahkan masalah kota. Menjembatani adanya kesenjangan, baik itu kesenjangan lingkungan maupun kesenjangan sosial untuk mewujudkan Malang sebagai kota pintar,” sambungnya kemudian di hadapan Abah Anton dan kepala OPD di lingkungan Pemkot Malang.

Klojen, MC – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang launching Ngalam Command Center (NCC) di Balai Kota Malang, Rabu (20/12). Hal ini menunjukkan bahwa Kota Malang bisa mengikuti perkembangan di era digital saat ini. RESMI: Wali Kota Malang, H. Moch Anton (kemeja putih kombinasi hijau) didampingi Sekda Drs. Wasto, SH., MH (kiri), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zulkifli Amrizal, S.Sos., M.Si (kanan) dan Forkopimda saat menekan sirene peresmian Ngalam Command Center (NCC) di Balai Kota Malang, Rabu (20/12). NCC adalah pusat kendali informasi yang dimiliki Kota Malang untuk memantau segala aktivitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.