Home / Profil / Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

  • RUANG LINGKUP TUGAS

Adapun ruang lingkup tugas dan fungsi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dapat diuraikan sebagai berikut :

Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan daerah di bidang komunikasi dan informatika.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, secara keseluruhan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Komunikasi dan Informatika;
  2. penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang komunikasi dan informatika;
  3. pelaksanaan fungsi selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID);
  4. pelaksanaan koordinasi, fasilitasi dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan bidang pos dan telekomunikasi;
  5. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pemberdayaan komunikasi sosial dan pengembangan kemitraan media serta pelaksanaan diseminasi informasi Daerah;
  6. pengawasan/pengendalian terhadap penyelenggaraan telekomunikasi yang cakupan areanya kota, pelaksanaan pembangunan telekomunikasi, penyelenggaraan warung telekomunikasi, warung seluler atau sejenisnya;
  7. pelaksanaan penyusunan serta penyiapan aplikasi sistem informasi manajemen;
  8. pelaksanaan dan pengembangan e government dan pemberdayaan telematika;
  9. pemberian pertimbangan teknis komputerisasi dan telematika kepada Perangkat Daerah;
  10. penyuluhan di bidang komunikasi dan informatika;
  11. pelaksanaan penertiban jasa titipan untuk kantor agen;
  12. pemberian pertimbangan teknis perizinan di bidang komunikasi dan informatika;
  13. pemberian dan pencabutan perizinan di bidang komunikasi dan informatika yang menjadi kewenangannya;
  14. pelaksanaan penyidikan tindak pidana pelanggaran di bidang komunikasi dan informatika sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  15. pelaksanaan pembelian/pengadaan atau pembangunan aset tetap berwujud yang akan digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  16. pelaksanaan pemeliharaan barang milik daerah yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi;
  17. pelaksanaan kebijakan pengelolaan barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya;
  18. pelaksanaan pendataan potensi retribusi daerah;
  19. pelaksanaan pemungutan penerimaan bukan pajak daerah;
  20. pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan dan kearsipan;
  21. pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  22. penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Standar Operasional dan Prosedur (SOP);
  23. pelaksanaan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  24. pengelolaan pengaduan masyarakat di bidang komunikasi dan informatika;
  25. penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website Pemerintah Daerah;
  26. pemberdayaan dan pembinaan jabatan fungsional;
  27. penyelenggaraan UPT dan jabatan fungsional;
  28. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; dan
  29. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas pokoknya.

(Perwal Nomor 46 Tahun 2012 Tentang Uraian Tugas Pokok, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Komunikasi Dan Informatika)

tutup
Website APEKSI 2017