Home / Profil

Profil

Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kota Malang merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah baru, yang dibentuk untuk memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah nomor: 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah serta memperhatikan kebutuhan pelayanan masyarakat sebagaimana hasil analisa Tim Analisis Jabatan dan Pengukuran Beban Kerja dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka dibentuklah Dinas KOMINFO Kota Malang yang merupakan penggabungan Kantor Pengolahan Data Elektronik, Bidang Pos dan Telekomunikasi pada Dinas Perhubungan, Bidang Komunikasi dan Bidang Informasi pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang.

Bidang-bidang yang ada pada Dinas Kominfo Kota Malang:
1. Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik dan Persandian

Bidang Pos dan Telekomunikasi, terdiri dari:

  • Seksi Sarana dan Prasarana Komunikasi Publik;
  • Seksi Pengelolaan dan Kemitraan Komunikasi Publik.
  • Seksi Persandian

2. Bidang Statistik

Bidang Stistik, terdiri dari :

  • Seksi Seksi Pengelolaan Data Statistik;
  • Seksi Seksi Layanan Data dan Informasi Statistik;
  • Seksi Seksi Evaluasi dan Pelaporan.

3. Bidang Aplikasi Informatika

Bidang Aplikasi dan Informatika, terdiri dari:

  • Seksi Seksi Pengelolaan e-Gov;
  • Seksi Seksi ¬†Sarana Prasana Informatika;
  • Seksi Seksi Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Aplikasi.

4. Bidang Informasi Publik

Bidang Informasi Publik, terdiri dari :

  • Seksi Pengelolaan Informasi Publik;
  • Seksi Layanan Informasi;
  • Seksi Pemberdayaan dan Kemitraaan Informasi Publik.

5. UPT LPSE

Untuk menyusun sistem pengadaan secara elektronik dalam rangka efisiensi, efektifitas, transparansi, persaingan sehat dan akuntabilitas pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Malang, maka berdasarkakan Peraturan Walikota Malang Nomor : 13 Tahun 2011 , tanggal 24 Januari 2011 dibentuklah Unit Pelaksana Teknis Layanan Pengadaan Secara Elektronik (UPT LPSE) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika. UPT LPSE merupakan unsur pelaksana sebagian kegiatan teknis operasional Dinas Komunikasi dan Informatika, yang melaksanakan tugas pokok :

a. memfasilitasi Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran mengumumkan rencana umum pengadaan;
b. memfasilitasi Panitia Pengadaan menayangkan pengumuman pelaksanaan pengadaan;
c. memfasilitasi Panitia/Pejabat Pengadaan melaksanakan pemilihan penyedia barang/jasa secara elektronik;
d. memfasilitasi penyedia barang/jasa dan pihak-pihak lain yang berkepentingan menjadi Pengguna SPSE.

Proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik yang dikelola oleh UPT LPSE menggunakan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang dapat diakses di http://lpse.malangkota.go.id