Home / Berita / Pendayagunaan Informasi dan Komunikasi KIM Yang Inovatif Menuju Masyarakat Informasi

Pendayagunaan Informasi dan Komunikasi KIM Yang Inovatif Menuju Masyarakat Informasi

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra pemerintah pada era pembangunan saat ini sangat dibutuhkan. Selain sebagai agen untuk menyampaikan informasi secara riil dan akurat kepada masyarakat, melalui KIM juga masyarakat bisa menyampaikan berbagai informasi yang akhirnya bisa sampai kepada pemerintah.

Para peserta dan penyelenggara foto bersama usai sosialisasi, Senin (1/6)

Para peserta dan penyelenggara foto bersama usai sosialisasi, Senin (1/6)

Sebagai salah satu langkah untuk lebih meningkatkan peran KIM di masyarakat itulah Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang mengambil tema ‘Dengan Pendayagunaan Informasi dan Komunikasi KIM yang Inovatif Menuju Masyarakat Informasi’ di Gedung Majapahit Balai Kota Malang, Senin (1/6).

Selain dihadiri oleh 15 KIM yang ada di Kota Malang, dalam sosialisasi ini juga dihadiri oleh beberapa lembaga penyiaran yaitu dari media televisi, radio, dan juga beberapa undangan lainnya.

Dari 15 KIM yang ada saat ini, ada tiga KIM baru yang diharapkan segera dapat beradaptasi dengan KIM yang sudah lama terbentuk. Ketiga KIM itu adalah KIM OBAMA (Orang Bareng Malang-Kelurahan Bareng), KIM Samaan (Kelurahan Samaan), dan KIM Cendrawasih (Kelurahan Kasin).

Menariknya, yang bertugas sebagai MC (Master of Ceremonies/pembawa acara_red), moderator, dan dirigen adalah langsung dari kepengurusan anggota KIM yang baru dibentuk, sehingga suasana kekeluargaan dan kebersamaan bisa lebih terjalin.

Dalam sosialisasi kali ini mendatangkan dua narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Alim Mustofa, S.Sos dari Dewan Riset Daerah (DRD), dan Ir. Sabarudin M.AB dari Relawan TIK.

Kedua narasumber tersebut membawakan materi tentang Pemberdayaan KIM Sebagai Suara Masyarakat dan Pengelolaan KIM Secara Berkesinambungan. Dengan demikian Masyarakat khususnya KIM yang ada di Kota Malang wawasannya dapat lebih berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Dengan kata lain Masyarakat harus “Melek IT”, karena pepatah mengatakan ‘Dengan Menguasai IT Maka Anda Akan Menguasai Dunia’. (feb/yon)

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra pemerintah pada era pembangunan saat ini sangat dibutuhkan. Selain sebagai agen untuk menyampaikan informasi secara riil dan akurat kepada masyarakat, melalui KIM juga masyarakat bisa menyampaikan berbagai informasi yang akhirnya bisa sampai kepada pemerintah. Sebagai salah satu langkah untuk lebih meningkatkan peran KIM di masyarakat itulah Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang mengambil tema ‘Dengan Pendayagunaan Informasi dan Komunikasi KIM yang Inovatif Menuju Masyarakat…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.