Home / Berita / Menkominfo Buka Pekan TIK Nasional 2011

Menkominfo Buka Pekan TIK Nasional 2011

Sabtu (23/11) Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, membuka Pekan TIK Nasional yang digelar di Pusat TIK Nasional Ciputat Tangerang

Pekan TIK Nasional, adalah salah satu program kegiatan Badan Litbang SDM Kemkominfo yang antara lain bertujuan melakukan diseminasi mengenai pengembangan kompetensi TIK, termasuk sosialisasi SKKNI terbaru tahun 2011 di bidangan TIK, Menggali informasi dari stakeholders mengenai tren dan pemutakhiran pelatihan dan sertifikasi kompetensi TIK yang sedang dan akan diminati serta. Menyosialisasikan PUSTIKNAS sebagai bagian dari BLSDM Kemmkominfo yang memfokuskan kinerjanya bagi pelatihan dan riset di bidang TIK.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo dan dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 26 November 2011 di Pusat TIK Nasional yang berlokasi di kampus II UIN Syarif Hidayatullah Ciputat. Pekan TIK Nasional 2011 bukan saja sebagai ajang publikasi mengenai kompetensi dalam aplikasi pemanfaatan TIK, akan tetapi juga sebagai wahana informasi, konsultasi, dan kerjasama antar instansi pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha yang bergerak di sektor industri TIK, dan masyarakat.

Selain Menteri Kominfo RI, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo Aizirman Djusan, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Dekan Pascasarjana Korea University Jung Ho Park dan dosen Twente University Belanda Piere Hertel. Selama Pekan TIK ini, narasumber yang hadir berjumlah 22 orang yang antara lain berasal dari Kemkominfo, UIN Syarif Hidayatullah, Institut Teknologi Bandung (ITB), LIPI, Dewan Riset Nasional, Korea Communication Commision (KCC), Korea University, Universitas Indonesia (UI), Unversitas Gadjah Mada (UGM), Twente University, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP).

Dalam rangkaian kegiatan Pekan TIK Nasional 2011, di tempat yang sama juga diselenggarakan beberapa kegiatan: Workshop Korea-Indonesia “Digital Futures and ICT Certification”; Temu Ilmiah Peneliti yang diikuti 100 peneliti Badan Litbang SDM, Peluncuran Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Bidang Keahlian TIK; Peluncuran Program Beasiswa dan Pelatihan Dalam dan Luar Negeri Kemennterian Kominfo Tahun 2012; Pelatihan Blogging, Keamanan Informasi, dan Multimedia; Temu Alumni Penerima Beasiswa Kementerian Kominfo; serta Pengukuhan Profesor Riset.

RSKKNI sektor TIK yang diluncurkan adalah RSKKNI tentang Periklanan, Teknisi Komunikasi Fiber Optic, dan IT Service Management. Sejak tahun 2005 hingga saat ini, Badan Litbang SDM telah memfasilitasi penetapan SKKNI Bidang Keahlian TIK, yakni: Kehumasan, Teknisi Telekomunikasi Satelit, Operator Komputer, Programmer Komputer, Computer Technical Support, Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi, Jasa Multimedia, Desain Grafis. Temu Alumni Program Beasiswa Kominfo menghadirkan para alumni yang telah menyelesaikan studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri yang dimulai sejak tahun 2007 yang hingga saat ini berjumlah 673 orang.

Dr. Gati Gayatri, MA dan Dr. Kantri Wiludjeng Istidjab, M.Sc, keduanya peneliti Badan Litbang SDM pada tanggal 26 November 2011 akan dikukuhkan sebagai Profesor Riset melalui Sidang Majelis Pengukuhan Gelar Profesor Riset LIPI. Dr. Gati peneliti bidang kepakaran Studi Komunikasi dan Media akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Peran Komunikasi dan Media dalam Perubahan Sosial di Indonesia”. Dr. Kanti peneliti bidang kepakaran Komunikasi Tradisional akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Wayang sebagai Media Komunikasi Tradisional dalam Diseminasi Informasi”. Pengukuhan yang direncanakan akan disaksikan oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring merupakan pengukuhan pertama gelar profesor riset di lingkungan Badang Litbang SDM.

Tema Pekan TIK Tahun 2011 Badan Litbang SDM ini adalah “Melalui TIK kita menciptakan hari yang lebih baik dan lebih cemerlang bagi masyarakat yang lebih luas”. Hal tersebut mengandung nilai filosofis bahwa pencapaian pada masa depan adalah ikutan dari apa yang kita ikhtiarkan hari ini. Oleh karena itu, Badan Litbang SDM mencanangkan dengan tekad bulat bahwa kita harus bersegera untuk memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat melalui integrasi riset dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. (dmb-bip)