Home / Berita / Majalengka Studi Banding ke Kominfo

Majalengka Studi Banding ke Kominfo

Kemajuan Kota Malang yang sudah memiliki Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri banyak menarik daerah lain untuk belajar. Seperti halnya Pemerintah Kabupaten Majalengka yang memilih studi banding di Dinas Kominfo Kota Malang, Kamis (5/12).

0512Jaya saat pimpin dialog_590x300mc

Kepala Bappeda Kabupaten Majalengka Yayan Sumantri mengungkapkan, sengaja melakukan studi banding ke Kota Malang sebab melihat Kominfo di kota ini sudah berdiri sendiri. Di Majalengka saat ini, Kominfo masih bergabung dengan Dinas Perhubungan.
“Kami ke Kota Malang ingin belajar bagaimana kelembagaan Kominfo dibentuk, sebab kota ini sudah lebih dahulu sukses melakukannya,” terang Yayan, Kamis (5/12).

Yayan menyebutkan, agar optimal dalam studi banding ke Kota Malang, ia membawa rombongan sebanyak sembilan orang. Dari Kota Malang nanti pihaknya ingin, saat kembali ke Majalengka bisa semakin memiliki gambaran terbaik untuk bisa mengaplikasikan apa yang dipelajari di Kota Malang.

Kabid Organisasi Kabupaten Majalengka, Asmara Dew membenarkan ke Kota Malang untuk belajar secara detail bagaimana perubahan Kominfo yang dulunya bergabung dengan Dishub kini bisa berdiri sendiri. Termasuk di antaranya adalah tugas-tugas pokoknya apa saja sehingga tidak berbenturan dengan SKPD yang lain.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Malang, Drs. Widjaja Saleh Putra mengatakan senang sekali atas kehadiran tamu dari Majalengka. Adanya kegiatan ini diharapkan bisa semakin mempererat kerjasama kedua daerah.

“Kominfo Kota Malang sejarahnya berawal dari perubahan nama institusi Dinas Parinkom (pariwisata, informasi dan komunikasi). pada tahun 2009, tepatnya satu April ,” terang Jaya, penggilan akrab Widjaja Saleh Putra.

Sesuai dengan tupoksinya Kominfo adalah melakukan diseminasi informasi dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM). Untuk diseminasi informasi melalui media cetak, elektronik, terbuka/tertutup hingga baliho.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Kominfo Kota Malang membeberkan secara detail bagaimana kelembagaan kominfo Kota malang hingga tupoksi (tugas pokok dan fungsi, red) nya. Termasuk juga memenuhi berbagai permintaan utusan dari Majalengka terkait tugas masing-masing bagian di Kominfo. (cah/dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.