Home / Info Bidang / BIP / Kota Malang Sabet Dua Penghargaan di Pekan KIM IX Jatim 2017

Kota Malang Sabet Dua Penghargaan di Pekan KIM IX Jatim 2017

Pandaan – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sabet dua penghargaan di Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur IX – Tahun 2017 di Taman Chandra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/9).

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si (tiga dari kiri) foto bersama staf Dinas Kominfo Kota Malang serta perwakilan dari KIM Tlogomas dan KIM Bijak

Penghargaan yang diterima adalah Juara III Stand Pameran Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota dan Juara II Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Tingkat Bakorwil Tahun 2016 yang disabet oleh KIM Tlogomas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, Ir. Eddy Santoso, MM mengatakan bahwa, Pekan KIM Jawa Timu IX – Tahun 2017 yang sudah berjalan beberapa hari ini telah mengalami perkembangan KIM di tahun-tahun sebelumnya.

Tema utama yang diangkat adalah Revitalisasi Peran KIM Sebagai Media Jurnalisme Warga Menuju Masyarakat Informatif. Hal ini terbukti dengan semakin tumbuhnya media-media KIM, baik media online ataupun media sosial yang mampu menghadirkan informasi-informasi alternatif bagi masyarakat.

“Untuk medianya semakin beragam. Tidak hanya media tulisan dan foto semata. Namun sudah merambah media audio visual  dalam format vlog atau lainnya,” kata Eddy Santoso.

Tingkat antusiasme yang tinggi, sambungnya, kelihatan dari peserta workshop TIK, baik dari unsur masyarakat maupun dari unsur KIM. Hampir setiap hari penyelenggaraan workshop TIK dipenuhi oleh peserta. Selain dari peserta, panitia sendiri tidak mau kalah dalam memperkuat nuansa teknologi informasi pada Pekan KIM 2017 seperti pada penyelenggaraan video conference dan layanan video streaming di website kominfo.jatimprov.go.id.

“Berbagai kehadiran tersebut ditambah dengan UMKM di lingkungan Pekan KIM 2017 semakin memeriahkan pelaksanaan Pekan KIM kali ini. Pameran produk informasi dan display perkumpulan KIM kali ini diikiti oleh 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur, 12 OPD tingkat provinsi, BUMN, BUMD, Sponsorship menempati seratusan yang dikelola oleh Dinas Kominfo Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. R.B. Fattah Jasin, MS mewakili Gubernur Jawa Timur secara resmi menutup Pekan KIM Jawa Timur IX – Tahun 2017.

Dalam sambutannya, Fattah Jasin menyampaikan bahwa KIM Jawa Timur menjadi garda terdepan dalam upaya penyampaian informasi yang didukung dan difasilitasi oleh pemerintah. “KIM adalah sumber informasi dari daerah terpencil untuk mengangkat citra daerahnya,” ujarnya.

“Selamat kepada Dinas Kominfo (Provinsi Jatim) yang telah sukses menggelar Pekan KIM IX – Tahun 2017 ini. Terima kasih juga kepada Bapak Bupati Pasuruan yang sudah menjadi tuan rumah,” lanjutnya.

Kepada Dinas Kominfo Provinsi Jatim, ia berharap gelaran Pekan KIM yang akan datang dipersiapkan lebih matang. Karena Pekan KIM ini merupakan permintaan masyarakat Jawa Timur. Sehingga pemerintah daerah, pemerintah provinsi harus ikut berperan di dalamnya. (ram/yon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*