Home / Info Bidang / BIP / Kominfo Kota Malang Terima Kunker, Ini yang Dibahas

Kominfo Kota Malang Terima Kunker, Ini yang Dibahas

Kedungkandang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menerima kunjungan benchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat III tahun 2017 Angkatan XI tahun 2017 dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Foto bersama usai diskusi di ruang rapat Dinas Kominfo Kota Malang

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Informasi Publik (BIP) Ismintarti, SP dan seluruh staf Bidang Informasi Publik di ruang rapat Diskominfo Kota Malang, Kamis (10/8).

Dalam sambutannya, Ismintarti mengucapkan selamat datang kepada rombongan yang datang yang berkunjung ke Kota Malang, khususnya di Diskominfo Kota Malang.

“Saya akan menyampaikan terlebih dahulu tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Karena peran KIM sangat penting untuk mengangkat informasi publik yang ada di masyarakat,” kata Ismintarti saat mengawali sambutannya.

Selain itu, KIM yang ada di Kota Malang dijadikan sebagaik KIM berbasis potensi wilayah. Hal ini dilakukan di kelurahan-kelurahan untuk mengangkat potensi wilayahnya masing-masing. Pengembangan KIM melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi, Potensi Wilayah dan Fungsinya.

“KIM dibentuk untuk mendapat informasi publik yang ada di Kota Malang dengan tujuan menjadi jembatan informasi dengan pemerintah. Sehingga bisa mendapatkan informasi timbal balik antara pemerintah dengan masyarakat,” sambungnya.

Indikator keberhasilan KIM, di antaranya setiap hari ada akses informasi dan komunikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat, teraksesnya minimal tiga kegiatan. Dengan demikian, KIM di Kota Malang telah meraih berbagai prestasi di tingkat nasional maupun lokal.

Ditambahkan oleh Ketua KIM Bijak Ario Rachmono, KIM memiliki peran untuk meningkatkan ekonomi melalui potensi wilayah. “KIM Bijak banyak memberikan berbagai informasi kepada masyarakat, baik itu produk hukum maupun lainnya,” katanya.

KIM harus produktif, lanjutnya, sehingga website dan media sosial yang dikelola memberikan manfaat kepada masyarakat luas yang ada di kelurahan. “KIM Bijak bisa eksis di Kota Malang tidak lain hanya karena pelatihan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang,” terangnya.

Sementara itu, ketua rombongan, Muhammad Amir menyampaikan maksud dan tujuannya melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Kota Malang. Disampaikannya, Muhammad Amir mengatakan ingin mempelajari sistem informasi atau hal-hal yang dilakukan di Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang.

“Kami ingin mendapatkan ilmu yang bisa kami bawa ke daerah kami masing-masing. Sehingga dapat kami tiru dan kami laksanakan,” ujarnya. (ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*