Home / Info Bidang / BIP / KIM Ujung Tombak Informasi Publik

KIM Ujung Tombak Informasi Publik

Klojen, MC – Kunjungan benchmarking peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan X dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia Regional Makassar. Kunjungan ini langsung diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH di Balaikota Malang, Rabu (9/8).

Kepala Bidang Informasi Pubik Dinas Kominfo Kota Malang Ismintarti, SP memberikan penjelasan terkait KIM

Dalam sambutannya, Wasto menyampaikan terkait dengan inovasi industri, Pemerintah Kota Malang telah menggunakan aplikasi sistem informasi untuk manajemen pengelolaan pajak. Sehingga dapat monitoring dan pendataan wajib pajak, serta penagihan pajak secara berkala bagi wajib pajak yang menunggak pembayaran.

Hal itu dilakukan dengan cara menerbitkan surat paksa, melaksanakan pemeriksaan terhadap pajak daerah, menyempurnakan sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah, termasuk produk hukumnya.

”Perlu disampaikan juga, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, saat ini telah memiliki program penanganan pengaduan masyarakat,” ujar Wasto kepada para kunjungan di Balaikota Malang.

Penanganan pengaduan itu, kata Wasto, dikemas ke dalam sebuah aplikasi berupa Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (SAMBAT) online. Sistem ini menjadikan Kota Malang memperoleh penghargaan sebagai badan publik dengan Meja Layanan Informasi Terbaik Kota se-Jawa Timur tahun 2015 dan Peringkat 2 PPID Terbaik Kategori Kota se-Jawa Timur tahun 2015 pada ajang PPID Award 2015.

Ketua rombongan mewakili PKP2A II LAN Makassar, Nirwati Yapardy, S.Pd, MHRM.I.R menyampaikan tujuan kedatangan rombongannya ke Kota Malang untuk kunjungan benchmarking peserta diklat. Sehingga dapat belajar terkait inovasi di sektor industri dan dapat diaplikasikan di setiap daerah peserta diklat benchmarking.

Usai kunjungan ke Balaikota Malang, rombongan langsung menuju ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang untuk belajar tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Kepala Bidang Informasi Publik (BIP) Dinas Kominfo Kota Malang Ismintarti, SP di ruang rapat Diskominfo.

“KIM yang ada di Kota Malang ini memiliki potensi dalam membantu memberikan informasi kepada masyarakat. Hal ini menitikberatkan pada peran KIM itu sendiri di dalam memperoleh sebuah informasi yang didapatkan,” ujarnya mengawali pembicaraan.

Informasi yang digali tersebut, lanjut Ismintarti, ke depan akan dapat berperan nyata sebagai ujung tombak dan barometer kemajuan suatu daerah.

“KIM memiliki peran penting sebagai wadah informasi publik bagi masyarakat. Selain itu, juga dapat bersinergi dengan pelaku usaha untuk mengembangkan dalam hal promosi di bidang pertanian maupun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada. Disinilah peran KIM akan terlihat dengan nyata kepada publik dalam membantu masyarakat,” tutupnya. (ind/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*