Home / Berita / KIM Kota Malang Ikuti Pekan KIM VIII 2015 di Kab. Nganjuk

KIM Kota Malang Ikuti Pekan KIM VIII 2015 di Kab. Nganjuk

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) VIII Jawa Timur Tahun 2015 diselenggarakan di Kota Nganjuk yang bertepatan dengan HUT-nya yang ke-1078. Kegiatan yang digelar di GOR Bung Karno Kabupaten Nganjuk ini, para peserta yang berasal dari seluruh Jawa Timur menampilkan berbagai produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulannya, Senin (20/4).

Stand KIM Kota Malang di ajang Pekan KIM VIII Jawa Timur 2015, Senin (20/4)

Stand KIM Kota Malang di ajang Pekan KIM VIII Jawa Timur 2015, Senin (20/4)

Dalam gelaran ini, selain mengikuti pameran Pekan KIM, Kota Malang sebagai salah satu peserta juga mengikuti dua kegiatan lainnya yang dilombakan, yaitu Workshop TI KIM (lomba website) dan Festival Media Pertunjukan Rakyat (Pertura).

Ada 76 stand pameran dari berbagai daerah di Jawa Timur yang mengikuti gelaran Pekan KIM VIII kali ini. Stand KIM Kota Malang yang diwakili oleh KIM Bijak, KIM Purwoagung, dan KIM Tlogomas membawa berbagai produk unggulan seperti keripik tempe, tas rajut, carang mas, dan aneka keripik olahan lainnya.

Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang, Ir. Bambang Nugroho, MT mengatakan bahwa untuk stand KIM Kota Malang persentase produk yang dibawa yaitu 60 persen produk TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan 40 persennya adalah produk KIM.

Persentase itu, tambahnya, sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara yang dalam hal ini adalah Dinas Kominfo Provinsi Jatim. “Untuk itulah Kota Malang lebih menonjolkan produk TIK-nya dalam pameran kali ini,” tegasnya, Senin (20/4).

Produk TIK yang dibawa dalam Pekan KIM VIII antara lain aplikasi PINA (Permainan Interaktif Anak Autis) hasil kreasi Politeknik Kota Malang, APBUJA (Aplikasi Penyelamat Budaya Jawa), KWIKKU (aplikasi jejaring sosial yang berbasis popularitas) hasil karya dari UIN Malang, dan juga Pepak Digtal karya mahasiswa STIKI Malang.

Untuk Workshop TI KIM, KIM Bijak masuk dalam nominasi setelah melalui proses seleksi panjang. Sedangkan Festival Media Pertura, Kota Malang akan diwakili oleh Forum Komunikasi Media Tradisional Bawera Grahawarta (FK Metra Bagra) Sanggar Sardulo Djojo yang akan tampil malam nanti, Selasa (21/4), mempersembahkan sebuah karya Pertura berjudul ‘Klilip Kanjuruhan’ yang diangkat dari cerita pada masa kejayaan Kerajaan Kanjuruhan. (yon)

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) VIII Jawa Timur Tahun 2015 diselenggarakan di Kota Nganjuk yang bertepatan dengan HUT-nya yang ke-1078. Kegiatan yang digelar di GOR Bung Karno Kabupaten Nganjuk ini, para peserta yang berasal dari seluruh Jawa Timur menampilkan berbagai produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulannya, Senin (20/4). Dalam gelaran ini, selain mengikuti pameran Pekan KIM, Kota Malang sebagai salah satu peserta juga mengikuti dua kegiatan lainnya yang dilombakan, yaitu Workshop TI KIM (lomba website)…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*