Home / Berita / Kemkominfo Gelar Penyuluhan Filateli

Kemkominfo Gelar Penyuluhan Filateli

Menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap dunia filateli, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI menggelar Penyuluhan dan Lomba Koleksi Benda Filateli 2012 di Kota Malang. Sebanyak 150 pesertayang terdiri dari siswa/siswi SMA/SMK dan guru dari Kota Malang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Santika, Jl. Letjend. S. Parman Malang, Kamis (6/9).

Sosialisasi Benda Filateli di Hotel Santika

Sosialisasi Benda Filateli di Hotel Santika

Hadir dalam penyuluhan tersebut, Kasubdit Direktorat Penetapan Tarif Pos Indonesia, Elzia Taher, Dirjen PPI Kemkominfo Y. Widyawan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah, Pengurus Perkumpulan Filatelis Indonesia Rianto, Manajer Filateli PT Pos Indonesia-Tata Sugiarta.

Elzia mengungkapkan sengaja menggelar kegiatan ini di Kota Malang karena kota ini sangat kondusif. Perfilatelian di Kota ini memiliki potensi untuk berkembang menjadi besar.

“Filateli banyak sekali manfaatnya, karena itu kegiatan kali ini mengambil tema ‘Filateli, Cara Pintar Mengenal Dunia’,” jelas Elzia, Kamis (6/9).

Kabid Postel Kota Malang, Totok Kasiyanto mengatakan senang atas terselenggaranya penyuluhan ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang sudah dimiliki oleh peserta.

“Kami berharap penyuluhan dan lomba filateli tidak hanya berhenti pada kegiatan ini saja, namun terus dilakukan pembinaan dan pengembangan,” terang Totok.

Totok menambahkan, masih banyak pendapat, filateli adalah identik hanya dengan mengoleksi perangko saja. Tetapi sebenarnya juga termasuk benda-benda yang digunakan dalam berkirim surat mulai dari amplop, cap pos, kartu pos warkat pos, sampai dengan materai dan pos wesel.

Dengan demikian menjadi tantangan, khususnya bagi filatelis untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam kegiatan mengumpulkan, merawat, mempelajari serta mengembangkan nilai-nilai yang melekat pada perangko beserta turunannya. (cah/dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*