Home / Berita / Dinas Kominfo Gelar Workshop Pengelolaan Data PKK

Dinas Kominfo Gelar Workshop Pengelolaan Data PKK

Klojen (malangkota.go.id) – Mendukung visi misi Wali Kota Malang mewujudkan Kota Malang sebagai smart city, Dinas Kominfo Kota Malang menggandeng TP PKK Kota Malang menggelar workshop pengelolaan data dan informasi pemberdayaaan kesejahteraan keluarga (PKK) Kota Malang di Hotel Grand Palace, Rabu (18/9/2019).

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos., MM foto bersama dengan panitia dan peserta

Kegiatan yang dihadiri sekitar 140 orang calon admin aplikaei Sistem Informasi (SIM) PKK dari TP PKK kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Malang tersebut dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos., MM.

Widayati mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan itu merupakan sharing kegiatan dengan Dinas Kominfo Kota Malang yang memiliki sasaran para ibu-ibu. Tujuannya, PKK ingin memiliki database dari hulu hingga hilir. Biasanya, kata dia, kalau data itu dipegang oleh PKK akurat sekali. Karena PKK mempunyai keanggotaan hingga Dasa Wisma.

“Dasa Wisma hanya memiliki lingkup 10 keluarga yang akan didata. Sehingga jangkauannya tidak terlalu luas dan data bisa akurat,” kata Widayati.

Menurut Widayati usai berbincang dengan narasumber dari Semarang mengatakan bahwa di Semarang ada regulasi yang berpihak kepada PKK. Oleh karena itu, kenapa tidak Kota Malang bisa membuat hal seperti itu. Regulasi yang ada di Semarang akan diadopsi dan akan disampaikan kepada Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji biar ada APBD yang berpihak kepada PKK.

“Saya berharap sekali kepada Kominfo tetap kita sharing kegiatan. PKK mempunyai sasaran, Kominfo mempunyai kegaiatan,” sambung Widayati.

Plt Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kota Malang, Ismintarti, SP selaku penyelenggara menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman, pembinaan, dan motivasi terkait pengelolaan data dan informasi 10 Program Pokok PKK kepada seluruh kader PKK yang nantinya akan menjadi admin SIM PKK.

“Melalui aplikasi ini, nantinya seluruh data, informasi, dan kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tingkat Dasa Wisma akan dapat tersimpan dan dilaporkan secara cepat hingga TP PKK Kota Malang,” jelas Ismintarti.

Untuk diketahui, bahwa Sistem Informasi (SIM) PKK adalah aplikasi berbasis website yang akan dikembangkan oleh Dinas Kominfo Kota Malang.

Dalam workshop tersebut ada dua narasumber yang hadir untuk mempresentasikan materinya, yakni Dr. Kartika Ftihriasari dari Departemen Statistika FMKSD Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang menjelaskan pentingnya sistem informasi dalam mendukung peningkatan kinerja PKK.

Sementara, Arif Budiman, S.Kom dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Semarang memaparkan implementasi sistem informasi yang telah berjalan di Kota Semarang. (Dinas Kominfo Kota Malang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.