Home / Berita / Warta Kominfo / Dengan Video Profil Lebih Mengenalkan Diskominfo kepada Masyarakat

Dengan Video Profil Lebih Mengenalkan Diskominfo kepada Masyarakat

Terus berusaha mengedukasi masyarakat terkait kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Malang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membuat video profil sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tugas dan fungsi dari Diskominfo. Pengambilan gambar film yang digarap oleh Carmel Vision ini sudah mulai dilakukan di Kantor Terpadu, Kamis (20/03).

Proses pengambilan gambar film di Kantor Terpadu, Kamis (20/03)

Proses pengambilan gambar film di Kantor Terpadu, Kamis (20/03)

Kasie BIP (Bidang Informasi Publik) Kominfo Kota Malang, Drs. Hamzah Setiono membenarkan bahwa kemarin Diskominfo sudah mulai melakukan pengambilan gambar pembuatan film terkait layanan di Kantor Terpadu.

“Dalam film nanti diangkat berbagai aktivitas layanan di Kantor Terpadu, adanya film nanti diharapkan bisa semakin meningkatkan pelayanan jajaran Pemerintahan Kota Malang terhadap masyarakat, terutama Dinas Kominfo” jelas Hamzah, Kamis (20/03).

Ia menambahkan bahwa saat ini Dinas Kominfo Kota Malang menaungi empat bidang yaitu Bidang Aplikasi Informatika (Aptel), Bidang Informasi Publik (BIP), Bidang Pos dan Telekomunikasi (Postel), dan Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI).

Hamzah menceritakan dalam video nanti isinya antara lain tugas pokok dan fungsi Diskominfo serta bidang-bidang yang ada didalamnya. Dimana tugas-tugas yang dimaksudkan adalah untuk suksesnya Tri Bina Cita Kota Malang sebagai tujuan bersama.

Dengan dibuatnya video profil ini diharapkan masyarakat bisa terbuka wawasannya tentang tugas dan fungsi yang sebenarnya dari Dinas Kominfo. Diantara sekian banyak tugas dan fungsi Diskominfo, secara garis besar tugas dan fungsinya  yaitu melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan daerah di bidang komunikasi dan informatika.

Yang terpenting untuk diketahui oleh masyarakat adalah bahwa Dinas Kominfo adalah dinas yang menjembatani penyampaian informasi-informasi dan juga kebijakan dari pemerintah daerah sehingga bisa tersampaikan dengan baik kepada seluruh masyarakat.

Land Produser Carmel Vision, Eko Urip Mulyanto, mengatakan banyak yang akan ditampilkan di film Diskominfo nanti. Diantaranya terkait cerita bahwa akses internet Diskominfo saat ini sudah benar-benar diwujudkan.

“Tinggal klik, masyarakat sudah bisa mengakses berbagai hal terkait pelayanan di Pemerintahan Kota Malang,” terang Eko.

Dalam film ini diceritakan pengembangan dan pemberdayaan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang berperan sebagai media penghubung pemerintah dengan masyarakat untuk mendistribusikan informasi yang perlu disampaikan kepada masyarakat dan demikian juga sebaliknya.

Demikian juga dengan proses percepatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), hal ini turut diangkat dalam konsep video profil ini dimana Diskominfo berupaya mengoptimalkan pelaksanaan dan pengembangan Sistem Pelayanan Kepemerintahan (e-Government) yang terintregrasi.

Dari film ini juga bisa diketahui daya dukung pemerintah kota memalui Diskominfo yaitu antara lain di sektor ekonomi yang mengalami kemajuan karena dampak TIK, sektor pendidikan yang saat ini semua informasi mengenai pendidikan bisa diakses dengan mudah melalui website, sektor pariwisata dimana tempat-tempat wisata di Kota Malang bisa dikenalkan kepada khalayak luas melalui media internet, dan program-program Dinas Kominfo yang saat ini sedang dikerjakan yang antara lain adalah mengenai informasi dan pelayanan publik melalui website, baik itu pengaduan gangguan serta konsultasi online.

Harapannya di era informasi sekarang ini adalah terwujudnya Kota Malang yang informatif yang sesuai dengan karakter masyarakatnya yang bisa menyadari, memiliki pengetahuan, memiliki kemampuan untuk mengakses dan memanfaatkan serta mampu menyebarkan informasi sehingga dari informasi tersebut dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. (cah/yof)

Terus berusaha mengedukasi masyarakat terkait kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Malang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membuat video profil sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tugas dan fungsi dari Diskominfo. Pengambilan gambar film yang digarap oleh Carmel Vision ini sudah mulai dilakukan di Kantor Terpadu, Kamis (20/03). Kasie BIP (Bidang Informasi Publik) Kominfo Kota Malang, Drs. Hamzah Setiono membenarkan bahwa kemarin Diskominfo sudah mulai melakukan pengambilan gambar pembuatan film terkait layanan di Kantor Terpadu. “Dalam film nanti diangkat berbagai aktivitas layanan di Kantor…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*