Home / Berita / Kota Malang Raih Penghargaan ICT Pura 2011

Kota Malang Raih Penghargaan ICT Pura 2011

Membangun masyarakat informasi menuju masyarakat berbasis pengetahuan adalah cara penting untuk meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup masyarakat.

Dra. Tri Widyani P, M.Si (nomor 3 dari kiri) berpose bersama Menkominfo Tifatul Sembiring dan perwakilan daerah peraih ICT Pura 2011

Dra. Tri Widyani P, M.Si (nomor 3 dari kiri) berpose bersama Menkominfo Tifatul Sembiring dan perwakilan daerah peraih ICT Pura 2011

Itulah salah satu kesepakatan World Summit on the Information Society (WSIS) yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dalam sambutannya, pada acara Penganugerahan ICT Pura dan USO Award 2011 di The Empire Palace Surabaya, Senin (5/12).

Lebih lanjut dikatakannya, “Dengan segala optimisme dan kemampuan yang ada, kami merencanakan dan menginginkan terwujudnya masyarakat informatif pada tahun 2014, serta menjadi masyarakat berbasis pengetahuan pada tahun 2025.”

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah dengan menganugerahkan ICT Pura (semacam penghargaan Adipura namun untuk bidang ICT bagi sejumlah Pemerintah Kabupaten / Kota yang berprestasi di bidang ICT) adalah inisiatif program baru di Kementerian Kominfo yang akan menjadi program prioritas setiap tahunnya.

Kota Malang bersama 165 Kabupaten/Kota se-Indonesia bersaing mengikuti pemetaan entitas ICT Pura yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober s/d. 21 November 2011, yang meliputi: training of trainers provinsi, pendampingan survey ke 165 kabupaten/kota, dan rekapitulasi data survey kabupaten/kota. Tahap berikutnya berupa penghitungan indeks ICT Pura, yang berlangsung pada tanggal 22 November s/d. 5 Desember 2011, yang meliputi: rekapitulasi data survey nasional, penghitungan indeks ICT Pura, penetapan penghargaan ICT Pura, dan penyusunan dokumen indeks ICT Pura.

Dalam tahap tersebut, Kementerian Kominfo melibatkan lebih dari 200 orang surveyor relawan yang mayoritas tergabung dalam Asosiasi Perguruan TInggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan dengan tim penilai yang sangat independen tanpa campur tangan dari Kementerian Kominfo.

Hasilnya, Kota Malang berhasil meraih Penghargaan I-Utama dengan nilai indeks ICT Pura 4.02 dari nilai tertinggi 5 mengungguli 164 Kabupaten/Kota lainnya dari 33 Propinsi di Indonesia atau rata-rata setiap provinsi diwakili oleh 5 kota/kabupaten yang terpilih untuk mengikuti ICT Pura.

Adapun pemberian penghargaan ICT Pura telah berlangsung Senin (5/12/2011). Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Dra. Tri Widyani P, M.Si mewakili Walikota Malang menerima penghargaan tersebut langsung dari Menkominfo Tifatul Sembiring.

Dalam kesempatan itu, diserahkan pula 5 penghargaan Penulisan proposal pemberdayaan ICT tingkat provinsi, 5 penulisan proposal pemberdayaan ICT tingkat kabupaten/kota, dan 32 penghargaan pengelola PLIK terbaik. Sedangkan dalam bidang  Optimalisasi Pemberdayaan Layanan KPU/USO Lintas Perguruan Tinggi diserahkan kepada 15 penerima penghargaan. Dan terakhir, Penghargaan Jurnalistik diraih oleh Kompas, TV Lombok, dan Detik.Com (kategori berita), serta Intisari, Radio Bahana, dan Padangkini.com (kategori opini).

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh kehadiran penyanyi Reza Artamevia dan Saykoji, masing-masing membawakan 3 algu. Reza melantunkan lagu “Pertama”, “Keabadian”, dan “Dia”. Sedangkan Saykoji membawakan “Sukses”, “Follow Back “, dan “Online”.

Melalui penghargaan ICT Pura 2011 ini, diharapkan Kota Malang semakin siap dan berperan aktif dalam upaya merealisasikan visi Indonesia di tahun 2012 sebagai Indonesia Connected, tahun 2014 sebagai Indonesia Informatif, tahun 2016 sebagai Indonesia Broadband dan tahun 2018 sebagai Indonesia Digital. (dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.